Jumat, 29 April 2011

Keadaan Darurat Pada Kucing (part Dehidrasi)

DEHIDRASI

          Dehidrasi terjadi ketika ada kehilangan cairan yang berlebihan dari tubuh kucing. Bukan hanya air yang hilang, tetapi juga elektrolit seperti natrium, kalium dan klorida, yang penting untuk fungsi tubuh normal. Dehidrasi biasanya merupakan gejala dari penyakit lain - satu yang membuat penyakit yang jauh lebih buruk. Rehidrasi (menggantikan air dan elektrolit) dengan demikian menjadi bagian penting dari rencana banyak perawatan.
 
Apa yang harus diperhatikan ??

          
Tanda klasik untuk dehidrasi adalah "tenting kulit". Jika Anda mengambil sejumput kulit di atas bahu kucing dan menarik lembut, kulit seharusnya sehat kembali ke tempatnya ketika dilepaskan. Sebagai kucing yang dehidrasi, kulit kembali seperti semula jauh lebih lambat. Jika sejumput kulit tetap tidak kembali ke tempat semula, itu adalah tanda dehidrasi parah. Kucing itu harus diperiksakan ke seorang dokter hewan segera.

Tanda-tanda lain yang dapat dicatat meliputi:
* Kering, gusi menjembel
* Kelesuan
* Menolak untuk makan 
* Gejala yang berhubungan dengan masalah kesehatan yang mendasari
 
Penyebab utama
       
Konsumsi air yang tidak memadai atau kehilangan cairan yang berlebihan di dehidrasi. Muntah, diare, demam, trauma, pitam panas, diabetes, dan berbagai penyakit lain, semua dapat menyebabkan dehidrasi.
 
Segera Perawatan
       
Karena sebagian besar kasus dehidrasi adalah hasil dari masalah lain, bahwa masalah harus ditangani secara langsung. Jika kucing dapat minum, menempatkan dia di tempat yang sejuk dan tenang dengan air dingin segar. Kucing dapat didorong untuk minum dengan menggunakan air mancur untuk kucing, meletakkan jus dari tuna kalengan atau salmon di dalam air, atau menggunakan daging yang beraroma air dan suplemen elektrolit yang tersedia di beberapa toko hewan peliharaan.
      
Jika Anda sudah familiar dengan teknik memberikan cairan subkutan (bawah kulit) dan memiliki pemberian yang tepat, Anda dapat memberikan rata-rata kucing dewasa sampai dengan 300 ml larutan Laktat Ringer di bawah kulit. Jangan lakukan ini dalam kasus luka bakar dan trauma. Jika Anda tidak yakin tentang jenis cairan yang tepat untuk digunakan atau jumlah yang memberi, hubungi dokter hewan Anda.
 
Perawatan Hewan
Diagnosa
        Sejarah kucing Anda, tenting kulit, dan kering, gusi menjembel adalah parameter pertama kali digunakan oleh dokter hewan Anda untuk menentukan dehidrasi. Tes darah dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi dehidrasi dalam beberapa kasus. Dokter hewan Anda juga akan melakukan tes seperti yang diperlukan untuk menentukan apa masalah medis mungkin telah menyebabkan dehidrasi.

 
Pengobatan
         
Tergantung pada penyebab dan beratnya dehidrasi, dokter hewan Anda dapat memberikan cairan di bawah kulit, yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit, atau rawat kucing Anda dan memberikan cairan intravena selama 1 sampai 2 hari. Dokter hewan Anda juga akan mulai pengobatan untuk masalah mendasar yang menyebabkan kucing Anda untuk menjadi dehidrasi.
 
Penyebab lainnya
        
Ketidakpuasan dengan air atau mangkuk air mungkin menjaga kucing Anda dari minum. Terkadang kurungan di tempat tanpa akses ke air juga dapat akhirnya menyebabkan dehidrasi.
 
Pencegahan
         
Pastikan kucing anda memiliki akses mudah ke banyak air segar. Beberapa kucing lebih menyukai air yang mengalir. Oleh karena itu, menginvestasikan  kedalam air mancur yang dirancang untuk kucing mungkin bermanfaat. Beberapa kucing punya kumis yang sensitif dan akan lebih suka minum dari mangkuk, lebar dan relatif dangkal yang tidak menggosok kumis.


1 komentar:

  1. Hi doktor. Saya mempunyai anak kucing yg sedang mengalami diarhea. Sudah 3 hari dan saya dah bawa dia berjumpa dengan vet. Vet itu telah memberinya antibiotik dengan immune booster. Tetapi sudah 1 hari setengah tiada perbezaan pada kucing saya. Beratnya semakin menurun dan dehidrasi semakin teruk dah saya takut dia mati. Bolehkah saya memberinya air sekerap yang mungkin dan apakan lagi yang perlu saya lakukan?

    BalasHapus